gravatar

HEAD-TO-HEAD: Sir Alex Ferguson Unggul Atas Kenny Dalglish

Dua karakter besar dalam sepakbola Britania Raya akan saling berhadapan ketika Kenny Dalglish membawa Liverpool berhadapan dengan pasukan Sir Alex Ferguson, Manchester United di Anfield, Minggu (6/3) esok.

Dua pria asal Glasgow, Skotlandia, ini turut menjadi bagian dari sejarah sepakbola Inggris dalam 30 tahun terakhir. Dalglish adalah pemain dan kini pelatih Liverpool yang pernah memesona Eropa, sedangkan Ferguson menjadi otak kejayaan United sejak menjadi pelatih mereka 1986 silam.

Keduanya mencicipi total 27 gelar divisi puncak, lima gelar Eropa, delapan kali juara Piala FA, dan delapan trofi Piala Liga. Lantas bagaimana rekor pertemuan keduanya? Berikut paparan Nick Price dari GOAL.com Britania Raya:

Perjumpaan pertama Ferguson-Dalglish
Pertemuan keduanya ditandai ketika Ferguson bertugas di Old Trafford, 1986 silam. United masih tim yang semenjana, tetapi mampu menaklukkan Liverpool dua kali dalam musim itu -- termasuk kemenangan 1-0 di Anfield pada Boxing Day. Di akhir musim, Liverpool gagal menyabet gelar juara. Sebuah hal yang jarang dilakukan mereka saat itu.

Ferguson mempertahankan catatan tak terkalahkan melawan Dalglish pada musim berikutnya. United dua kali mengimbangi Liverpool, tetapi klub Merseyside itu akhirnya menjadi juara liga. Musim berikutnya, meski menang di kandang sendiri, Liverpool kalah 3-1 di Old Trafford dan kehilangan gelar juara.

Musim 1989/90 menjadi catatan terbaik bagi Dalglish. Dalam dua kali pertemuan, Dalglish tak terkalahkan kala berhadapan dengan Ferguson. Dalglish berhasil membawa Liverpool merebut gelar juara ke-18 -- terakhir hingga saat ini. Namun, musim berikutnya Dalglish terpaksa mundur karena penampilan Liverpool tersendat-sendat. Sebelum mundur, Dalglish sempat membawa Liverpool melibas United 4-0 di Anfield. Tetapi Ferguson berhasil membalas dengan menyingkirkan Pool di Piala Liga.

Pertemuan terakhir Dalglish sebagai pelatih Liverpool dengan United terjadi dua bulan lalu di babak ketiga Piala FA. Keputusan penalti untuk United dan kartu merah bagi Steven Gerrard mewarnai tersingkirnya Liverpool dari kancang Piala FA musim ini.

Dalglish (Liverpool) vs Ferguson (United)

Dalglish Seri Ferguson
3 5 5


google

Entri Populer

alexa

Pengikut